Klik Survey Semua Alumni Estib

11/16/2016

Estib Ikuti Deklarasi Srikandi Sungai Indonesia




Sebanyak 1.000 SSI Klaten tersebut dikukuhkan Bupati Klaten Sri Hartini di Stadion Trikoyo Klaten pada Minggu (13/11/16).  Wakil Rektor UGM Jogja Prof Suratma yang juga penggagas SSI juga hadir dalam acara tersebut. Selayaknya duta, 1.000 relawan perempuan itu juga dikalungi selempang. Selempang itu pula yang menjadi bukti komitmen mereka untuk mewujudkan  sungai yang cantik, indah, dan bersih atau disingkat Cibi. 

Siswa-siswi SMP Negeri 3 Bayat, Klaten, Jawa-Tengah ikuti Deklarasi Sungai Bersih dan dilanjutkan dengan bersih-bersih sungai Klaten dan sekitanrnya. Sebanyak 40 siswa ikut berperan dalam kegiatan menjaga lingkungan baik di rumah, sekolah dan lingkungan masyarakat.

Komitmen itu terlihat simpel, namun tidak dalam kenyataannya. Itu melihat fakta sebagian besar sungai sudah tercemar dan kotor, baik oleh sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan atau limbah pabrik. Ketua SSI Pusat Surani Hasanati yang juga dosen Fakultas Geografi UGM Jogja memberi arahan agar para relawan tidak bingung untuk mulai bergerak. 

“Pertama yang harus dilakukan adalah di lingkungan sekitar dahulu. Sampah yang ada di sekitar bisa dipilah antara organik dan anorganik. Sampah plastik bila dijual paling hanya laku berapa? Tetapi kalau diolah, bisa menjadi barang yang punya nilai ekonomi,” ucap Surani. 

Saat ini di sejumlah desa di Klaten sudah terdapat bank sampah. Melalui bank itu sampah plastik dan kertas diolah menjadi barang bernilai ekonomi. Misalnya menjadi tas, dompet, tempat, pensil, tempat majalah, wadah buah hingga tempat tisu. Sementara sampah organik diolah menjadi pupuk bagi tanaman. Ini semua bisa terwujud juga berkat tangan terampil kaum hawa di Klaten. 

“Jumlah Srikandi Sungai yang digalang di Klaten mencapai 1.000 orang, menjadi yang paling banyak. Pengukuhan 1.000 Srikandi di Klaten sedang diajukan untuk mendapatkan rekor dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia). Persyaratan sudah dikirimkan tinggal menunggu,” papar Surani. 




0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Dra. Endang Sudarsih

Dra. Endang Sudarsih
Kepala Sekolah 2016 - ...

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.
Kepala Sekolah 2009-2012

Drs. Suramlan

Drs. Suramlan
Kepala Sekolah 2003-2009

Drs. Wiyono

Drs. Wiyono
Kepala Sekolah 2012 - 2015

H. Subiman, S.Pd.

H. Subiman, S.Pd.
Wakil Kepala Kurikulum

Agus Tri Purwanto, S.Pd.

Agus Tri Purwanto, S.Pd.
Kepala Sekolah 2015-2016