Klik Survey Semua Alumni Estib

6/10/2016

Estib TV-Sekolah Seni-SMPN 3 Bayat Klaten Jawa-Tengah



Setiap sekolah mempunyai keunggulan yang berbeda-beda. SMP Negeri 3 Bayat, Klaten, Jawa-Tengah memiliki keunggulan dalam bidang Seni Budaya, Khususnya Seni Rupa dan Seni Musik. Melihat lokasi sekolah yang berada di daerah pinggiran atau pedesaan, hal ini cukup aneh dengan berbagai kegiatan siswa yang biasa dilakukan anak-anak sekolah kota.

Pertama, Estib atau SMP Negeri 3 Bayat siswanya menggambar Grafitti Anti Narkoba Anti Korupsi di dinding sekolah. Grafitti ini  sebagai yang terpanjang, tertinggi dan terluas di Indonesia untuk tingkat SMP. KPK telah mengapresiasi dengan wanawancara dan disiarkan Radio Kanal KPK secara Nasional serta sudah layak masuk Rekor Muri.
 
Kedua, Tanggal 8 April 2016, siswa Estib menggelar Spanduk anti Narkoba di Alun-Alun Klaten yang disaksikan 13 ribu orang dari berbagai ormas dan elemen masyarakat Klaten. Spanduk ini karya siswa sendiri. Acara ini bersamaan dengan Apel Akbar Anti Narkoba Klaten yang dihadiri oleh Sekda kabupaten Klaten Jaka Sawaldi.

Ketiga, Hampir semua siswa bisa memainkan gitar dengan baik, karena didukung dengan 28 gitar Aqustik dan metode pembelajaran yang aktual. Baik siswa laki-laki maupun perempuan mempunyai kemampuan main gitar yang bagus.

Keempat. Satu-satunya SMP di Indonesia yang mempunyai group band terbanyak. Akhir Tahun Pelajaran 2015-2016 mengadakan Parade Band selama dua hari satu malam. 15 Group Band tampil secara bergiliran dari kelas 7 sampai kelas 9.

Kelima, Setiap upacara bendera hari senin dan hari-hari besar lainnya untuk lagu-lagu nasional diiringi oleh Group Musik Orkestra. Tahun Pelajaran 2015-2016 telah terbentuk 4 Group Musik Orkestra. Ini satu-satunya SMP di Indonesia yang mempunyai Group Musik Orkestra. Setiap Group pemainnya lebih  dari 50 siswa. Mereka memainkan alat musik Piano, Drum, Gitar, Keyboard, Angklung, Pianika, Recorder, Triangle dan Biola.

Dengan demikian SMP Negeri 3 Bayat Klaten Jateng, adalah sekolah yang identik dengan sekolah seni. Masyarakat menilai, “Kalau pengin pinter seni, sekolahkan anak-anak di Estib atau SMPN 3 Bayat,” ujar salah satu warga.

(Estib Post-Jurnalis SMPN 3 Bayat Klaten)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Dra. Endang Sudarsih

Dra. Endang Sudarsih
Kepala Sekolah 2016 - ...

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.
Kepala Sekolah 2009-2012

Drs. Suramlan

Drs. Suramlan
Kepala Sekolah 2003-2009

Drs. Wiyono

Drs. Wiyono
Kepala Sekolah 2012 - 2015

H. Subiman, S.Pd.

H. Subiman, S.Pd.
Wakil Kepala Kurikulum

Agus Tri Purwanto, S.Pd.

Agus Tri Purwanto, S.Pd.
Kepala Sekolah 2015-2016