Klik Survey Semua Alumni Estib

2/06/2016

Estib TV-Irak Ismoyo, Wiro, Bayat-SMPN 3 Bayat, Klaten



Dalam keterbatasan phisik, Irak Ismoyo sudah lebih dari 27 tahun tidak bisa berbuat apa-apa. Lelaki yang masa kecil terkena penyakit polio tersebut sejak bayi dirawat oleh kakeknya, karena Purwanti ibunya tidak mau merawatnya dan ayahnya sudah 30 tahun lebih merantau ke Merauke tidak pernah kembali.

Disamping invalid, Irat Prasetyo juga mengalami tuna rungu dan tidak bisa berbicara dengan baik. Sehari-hari hanya bisa duduk dan tidur. Apabila ingin bangun, kakeknya yang membangunkan, karena semua urat dan otot-otonya kaku terserang penyakit polio. Bahkan Irak Ismoyo tidak memakai celana karena kakinya kaku.

Irat Prasetyo yang lahir di Sumatra tersebut, tidak pernah dikunjungi ibunya yang tinggal tidak jauh dari rumahnya di Desa Wiro, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa-Tengah. Ayahnya yang kerja di Merauke sudah 30 tahun tidak pulang ke desanya menjenguk anaknya dan belum pernah memberikan biaya hidup untuk Irat Prasetyo. Semua biaya kebutuhan hidup dipenuhi oleh kakek dan neneknya sebagai petani.

Pemerintah Jepang melalui salah satu lembaga pernah memberikan bantuan kursi roda, namun Irat tidak bisa menggunakannya. Menurut kakeknya, pemerintah Indonesia belum pernah memberikan bantuan apapun “Pernah dapat bantuan kursi roda dari Jepang, tetapi kalau dari pemerintah Indonesia belum pernah dapat bantuan dalam bentuk apapun” kata kakeknya Irat Prasetyo kepada Tim Jurnalis Estib Post.

Pada hari Sabtu14 Maret 2015 Estib Post (Jurnalis SMP Negeri 3 Bayat, Klaten) melakukan peliputan dan memberikan bantuan sembako untuk Irat Prasetyo. Siswa diterjunkan ke masyarakat sebagai implementasi kurikulum 2013 agar siswa-siswi SMPN 3 Bayat mempunyai karakter yang kuat dan cerdas. Jurnalis Estib Post yang terdiri dari siswa-siswi SMPN 3 Bayat ini dibina oleh Budi Cahyana, S.Si dan Asim Sulistyo, S.Pd. Semoga kegiatan ini bisa memberikan inspirasi bagi sekolah-sekolah yang lain.

(Estib Post-Jurnalis SMPN 3 Bayat,Klaten)



0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Dra. Endang Sudarsih

Dra. Endang Sudarsih
Kepala Sekolah 2016 - ...

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.
Kepala Sekolah 2009-2012

Drs. Suramlan

Drs. Suramlan
Kepala Sekolah 2003-2009

Drs. Wiyono

Drs. Wiyono
Kepala Sekolah 2012 - 2015

Sugiyan, S.Pd.

Sugiyan, S.Pd.
Wakil Kepala Kurikulum

Agus Tri Purwanto, S.Pd.

Agus Tri Purwanto, S.Pd.
Kepala Sekolah 2015-2016