Klik Survey Semua Alumni Estib

4/07/2011

Manfaat Internet Untuk Pendidikan

Tak sedikit berita negatif pelajar Indonesia yang berkaitan dengan dunia maya. Paling banyak pendapat masyarakat tentang Facebook yang seakan-akan divonis sebagai media komunikasi yang haram. Selain itu Search Engine Google yang banyak disalahgunakan sebagian pelajar sebagai mesin pencari situs porno.

Internet bagaikan pisau bermata dua, siapa penggunanya dan untuk apa digunakan. Bagi kalangan awam internet dipandang sebagai media yang hanya digunakan untuk pencarian obyek-obyek negatif atau bahkan sarana yang selalu menjerumuskan pelajar pada hal-hal yang tidak beradab. Aspek ini seakan-akan tidak sesuai dengan budaya ketimuran khususnya bangsa Indonesia.

Pandangan negatif bagi sebagian masyarakat tentunya perlu diluruskan agar tidak berlarut-larut, hingga bangsa Indonesia khususnya pelajar terjerat bahkan tertinggal dalam aspek teknologi. Teknologi diciptakan untuk memudahkan dan mempercepat suatu kegiatan. Apabila pelajar Indonesia tidak bisa memanfaatkan teknologi komunikasi ini, tentunya akan semakin tergilas oleh kemajuan zaman.

Pemanfaatan teknologi komunikasi khususnya internet sangat perlu, bahkan untuk pelajar Indonesia hukumnya wajib. Tak pelak bagi sebagian pelajar sering menyalahgunakan media internet untuk kepentingan negatif. Hal ini mestinya perlu mendapat perhatian serius terutama dari lingkungan keluarga dan guru pembimbing.

Di SMP Negeri 3 bayat Klaten Jawa-Tengah, selalu menggunakan media internet dalam proses pembelajaran. Guru tidak banyak bicara didepan kelas tetapi proses pembelajaran bisa berjalan efektif dan efisien, karena siswa diberi tugas untuk mencari materi pelajaran. Pemberian tugas tidak harus guru masuk kelas, tetapi perintah tugas bisa melalui E-mail, Blog maupun Facebook.

Sebagian sekolah melarang siswanya untuk Facebook-an, namun semua siswa SMPN 3 Bayat malahan diharuskan memiliki Facebook. Dengan demikian siswa setiap hari harus membuka E-mail, Blog serta Facebook. Dengan demikian apabila ada tugas dari sekolah, siswa langsung melakukan aktifitas sesuai dengan tugas-tugas yang dimuat di internet. tugas bisa berupa mengerjakan soal-soal pilihan ganda online, tertulis dikirim lewat E-mail ataupun berupa tek (print out).

Penggunakan internet bisa mengurangi kejenuhan siswa terhadap tatap muka dengan gurunya, karean guru tidak harus bertatap muka didepan kelas. Dan semoga metode pembelajaran dengan menggunakan media internet ini bisa memberikan inspirasi bagi sekolah-sekolah yang belum memanfaatkan media internet sebagai proses pembelajaran yang efisien dan efektif.

Bagaimana dengan anda…?

Penulis Sim Estib
April 2011


0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Dra. Endang Sudarsih

Dra. Endang Sudarsih
Kepala Sekolah 2016 - ...

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.
Kepala Sekolah 2009-2012

Drs. Suramlan

Drs. Suramlan
Kepala Sekolah 2003-2009

Drs. Wiyono

Drs. Wiyono
Kepala Sekolah 2012 - 2015

H. Subiman, S.Pd.

H. Subiman, S.Pd.
Wakil Kepala Kurikulum

Agus Tri Purwanto, S.Pd.

Agus Tri Purwanto, S.Pd.
Kepala Sekolah 2015-2016