Klik Survey Semua Alumni Estib

12/25/2010

SenyumMu Adalah Tangisku

Suara Hati Relawan Merapi.

Letusan dahsat disertai awan panas dan hujan abu vulkanik meluluhlahtahkan perkampungan disekitar Gunung Merapi. Ratusan manusia jadi korban, ribuan hewan ternak terpanggang, ribuan rumah hancur dan tertimbun pasir dan bebatuan serta tak satupun pohon atau tanaman petani yang bisa bertahan hidup

Kini bagai gurun tanpa satupun penghuni dan pepohonan mati terbakar bahkan ambruk diterjang awan panas dan abu vulkanik. Masyarakat korban merapi hanya bisa meratapi nasibnya, tak sedikit yang sakit jiwa hingga ada yang melakukan tindakan nekat bunuh diri.

Sampai artikel ini ditulis dan sampai kapan belum jelas nasibnya korban merapi bisa membangun kembali rumahnya, bercocok tanan, berternak dan berncanda ria beserta keluarga. Ribuan korban merapi masih bertahan di barak-barak pengungsian hanya bisa menungu bantuan pihak lain. Mengenaskan…nasib mereka.

Dibalik itu semua, setiap hari jalan-jalan menuju wilayah korban merapi dipadati kendaraan wisatawan bahkan sampai menimbulkan kemacetan yang luar biasa. Mereka memadati disemua tempat korban merapi sebagai lokasi wisata bencana merapi.

Berncada ria, berphoto bersama, sesekali makan makanan bekal yang dibawa masing-masing wisatawan. Tak menghiraukan penduduk sekitar yang sedang berduka dan kelaparan bahkan mereka melihat warga yang kumal, kurus, sedih, sebagai tontonan yang menyegarkan.

Ironis, saudara kita sendiri yang sedang dirundung duka dijadikan sebagai obyek hiburan atau wisata bencana. Tentunya situasi seperti ini sangat tidak manusiawi untuk bangsa Indonesia.

Silahkan datang ke lokasi korban merapi, tetapi jangan lupa sisihkan sebagian hartamu untuk saudara kita korban merapi. Hartamu akan meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita korban merapi.

Penulis ini adalah relawan dari SMP Negeri 3 Bayat Klaten Jawa-Tengah yang telah menyumbang ke korban merapi dalam bentuk logistik, tenaga perbaikan rumah, tenaga kebersihan lokasi bencana dan hiburan Kuda Lumping untuk menghibur pengungsi di barak-barak pengungsian.

2 komentar:

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Dra. Endang Sudarsih

Dra. Endang Sudarsih
Kepala Sekolah 2016 - ...

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.
Kepala Sekolah 2009-2012

Drs. Suramlan

Drs. Suramlan
Kepala Sekolah 2003-2009

Drs. Wiyono

Drs. Wiyono
Kepala Sekolah 2012 - 2015

H. Subiman, S.Pd.

H. Subiman, S.Pd.
Wakil Kepala Kurikulum

Agus Tri Purwanto, S.Pd.

Agus Tri Purwanto, S.Pd.
Kepala Sekolah 2015-2016