Klik Survey Semua Alumni Estib

5/11/2010

Klaten Jawa-Tengah, Banyak Siswa SMP Unggulan Tidak Lulus UN

10 Mei 2010
Suara Merdeka Klaten

Dinas Pendidikan Klaten melakukan evaluasi dan analisis terkait naiknya angka ketidaklulusan Ujian Nasional (UN) SMP tahun 2010. Tahun ini, tercatat 2.442 dari 17.858 siswa atau 13,62 persen yang tidak lulus.

’’Hasil UN SMP tahun ini banyak kejutan. Siswa sekolah unggulan justru banyak yang tidak lulus. Kami akan cek mengapa ini bisa terjadi. Di Klaten tingkat ketidaklulusan mencapai 13,62 persen, di bawah rata-rata Jateng 14 persen,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan Klaten Sunardi SPd MPd.

Banyaknya jumlah siswa yang tidak lulus dan harus mengulang 17 Mei mendatang, cukup memprihatinkan, mengingat tahun sebelumnya angka kelulusan mencapai 95,59 persen dari 17.462 siswa. Jadi, hanya 4,01 persen yang tak lulus.

Sekolah dengan angka ketidaklulusan cukup tinggi antara lain SMP Negeri 6 Klaten, yakni 121 dari 274 peserta. Di SMP Negeri 3 Trucuk, 95 dari 165 siswa peserta harus mengulang lantaran gagal dalam ujian.

Yang paling mengejutkan terjadi di SMP Negeri 3 Gantiwarno. Sebanyak 102 dari 185 siswa sekolah yang berlokasi di perbatasan Klaten-Gunungkidul, DIY itu gagal dalam UN.

’’Tingginya angka ketidaklulusan di SMPN 3 Gantiwarno cukup mengejutkan. Padahal mereka melakukan persiapan dengan program yang sangat bagus dan menjadi acuan sekolah lain. Ada pelajaran tambahan untuk persiapan ujian,’’ ujar Sunardi.
Pelajaran Sulit Menurut dia, para kepala bidang (kabid) dan kepala seksi (kasi) di Dinas Pendidikan diturunkan ke lapangan untuk mendata peserta yang tidak lulus dan mencari mata pelajaran mana yang sulit, sehingga siswa bisa diberi pembinaan sebelum ujian ulang.

Faktor kemampuan guru dalam mengembangkan materi pelajaran juga sangat menentukan. Selain itu, orang tua murid diminta memberikan motivasi. Tahun ini, hanya tiga SMP negeri di Klaten yang berhasil lulus 100 persen, yakni RSBI SMP Negeri 2 Klaten, RSBI SMP Negeri 1 Delanggu, dan SMP Negeri 1 Pedan. Adapun dari 40 SMP swasta, 6 di antaranya lulus 100 persen.

Dari 25 MTs negeri dan swasta, delapan di antaranya lulus 100 persen. Tak ada sekolah yang tidak lulus 100 persen. SMP Terbuka Kemalang juga bisa meluluskan 100 persen dari 20 siswanya. Namun nasib SMP terbuka Wonosari sebaliknya. Mereka hanya mampu meluluskan 3 dari 20 siswanya. (F5-65)

8 komentar:

  1. SMPN 3 tidak lulus 9 dari 160 siswa, he he he...lumayan bagus dr pada yg lain. Selamat bagi yg lulus N sabar bg yg mengulang mga sucses selalu.

    BalasHapus
  2. gak hanya di klaten saja sobat, seantero indonesia nasibnya hampir sama. kalau sudah gini jangan nyalahin sdm siswa doang dong, mutu pendidikan negara kita bagaimana ?

    BalasHapus
  3. fenomena pendidikan yang cukup memperihatinkan. hanya bisa geLeng-geLeng kepaLa.
    -----------
    saLam persahabatan

    BalasHapus
  4. sayang sekali tu siswa nya...perlu kurikulum di negri ini di perbaiki lagi...sukses slalu

    BalasHapus
  5. semoga bs bangkit thun dpan. . . Komen balik ya. . .thx

    BalasHapus
  6. Pak Giri Fotonya ngeri... kayak mavia.. heheh *Just Kidding Pak..

    BalasHapus
  7. Link banner anda sdh ku curi & di tempel di blog ku... ambil jg banner ku ya?? terimaksih kerjasama anda

    BalasHapus
  8. Banner sobat sdh nempel n jalan di blog ku, tlg di link balik banner ku disini ya?? cek & thanks !

    BalasHapus

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Dra. Endang Sudarsih

Dra. Endang Sudarsih
Kepala Sekolah 2016 - ...

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.
Kepala Sekolah 2009-2012

Drs. Suramlan

Drs. Suramlan
Kepala Sekolah 2003-2009

Drs. Wiyono

Drs. Wiyono
Kepala Sekolah 2012 - 2015

H. Subiman, S.Pd.

H. Subiman, S.Pd.
Wakil Kepala Kurikulum

Agus Tri Purwanto, S.Pd.

Agus Tri Purwanto, S.Pd.
Kepala Sekolah 2015-2016