Klik Survey Semua Alumni Estib

2/18/2010

Mendiknas Diharapkan Tuntaskan Wajib Belajar


Kupang, Cybernews. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh diharapkan memprioritas penuntasan wajib belajar pendidikan dasar (Wajar Dikdas) sembilan tahun, disamping pendidikan lanjutan hingga 12 tahun yang ditargetkan akan tuntas paling lambat tahun ajaran 2010.


Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Simon Riwu Kaho di Kupang, Sabtu (24/10) menyatakan, realisasi program Wajar Dikdas sembilan tahun di NTT, baru mencapai 87 persen dari target nasional 95 persen yang ditetapkan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) untuk dicapai tahun ajaran 2008/2009.

Dikatakannya, belum tercapainya target Wajar Diknas ini pada tahun ajaran 2008/2009, diakibatkan oleh masih rendahnya tingkat capaian target di tingkat kabupaten/kota di NTT, sehingga harapan dari Inpres No. 5 Tahun 2006, tentang Wajar Dikdas Sembilan tahun pun belum terpenuhi saat ini.

Ia menyebut tiga kabupaten dari 20 kabupaten/kota di NTT (belum termasuk kabupaten Sabu Raijua) yaitu Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dan kabupaten Belu masih mencatat pencapaian target di bawah standar rata-rata 50 persen.

Belum tercapainya pemenuhan target program nasional itu, katanya juga diakibatkan oleh faktor sosial dan budaya yang masih beranggapan bahwa sekolah hingga kelas sembilan atau hingga tamat Sekolah Menengah Pertama (SMP) bahkan hingga menamatkan SMA tidak ada gunanya lagi untuk saat ini, karena tenaga dan ijasahnya dibutuhkan lagi, di sektor formal.

Faktor penyebab lain, katanya, faktor ekonomi masyarakat yang pas-pasan ikut menentukan kesanggupan menyekolahkan anak hingga menamatkan pendidikan dasar sembilan tahun apalagi hingga melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kecuali itu, ia juga mengatakan, faktor topografi dan geografi wilayah yang tidak ditunjang dengan sarana angkutan yang memadai telah ikut mempengaruhi pencapaian target tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Dra. Endang Sudarsih

Dra. Endang Sudarsih
Kepala Sekolah 2016 - ...

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.

C. Anjar Nawangsih, S.Pd.
Kepala Sekolah 2009-2012

Drs. Suramlan

Drs. Suramlan
Kepala Sekolah 2003-2009

Drs. Wiyono

Drs. Wiyono
Kepala Sekolah 2012 - 2015

H. Subiman, S.Pd.

H. Subiman, S.Pd.
Wakil Kepala Kurikulum

Agus Tri Purwanto, S.Pd.

Agus Tri Purwanto, S.Pd.
Kepala Sekolah 2015-2016